Sabtu, 24 Maret 2012

CSR (Corporate Social Responsibilty)

CSR (Corporate Social Responsibilty) atau tanggung jawab sosial perusahaan yang dilakukan oleh perusahaan, bisa diwujudkan dalam bermacam-macam bentuk.
Diminta :
1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan CSR?
2.      Menurut anda haruskah perusahaan melaporkan kegiatan CSR mereka? Mengapa ya dan mengapa tidak?
3.      Cari diwebsite perusahaan (apa saja) yang melaporkan kegiatan CSR mereka! Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan tersebut?

Jawaban !!
1.      Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. saat ini telah menjadi konsep yang kerap kita dengar, walau definisinya sendiri masih menjadi perdebatan di antara para praktisi maupun akademisi. Sebagai sebuah konsep yang berasal dari luar, tantangan utamanya memang adalah memberikan pemaknaan yang sesuai dengan konteks Indonesia. 
Dari  definisi  tersebut  dapat disimpulkan bahwa pertama, CSR merupakan tindakan perusahaan yang bersifat sukarela dan melampaui kewajiban hukum terhadap peraturan perundang-undangan Negara. Kedua, definisi tersebut  memandang  CSR  sebagai  aspek  inti  dari  aktifitas  bisnis  di  suatu  perusahaan  dan melihatnya sebagai suatu alat untuk terlibat dengan para pemangku kepentingan.
2.       Iya, karena perusahaan membutuhkan laporan pelaksanaan CSR guna memastikan kebenaran laporan tahunan perusahaan yang mencakup kontribusi perusahaan dalam “pembangunan berkelanjutan”. Bagaimanapun, laporan CSR atau laporan keberlanjutan merupakan upaya untuk meningkatkan akuntabilitas perusahaan di mata para pemangku kepentingannya.

Visi
·         Bersama-sama kita menciptakan pemimpin yang kompeten dan berbudi luhur melalui pendidikan berkualitas tinggi.
Misi
·         Membuat model percontohan pendidikan yang berkesinambungan agar dapat menjamin pengembangan pelayanan pendidikan yang bermutu tinggi.
·         Meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan dan menggalang kemitraan dengan semua pihak agar dapat berpartisipasi demi tercapainya pendidikan berkualitas.
·         Menyediakan akses pendidikan untuk generasi muda yang berprestasi agar dapat meneruskan pendidikannya sehingga dapat memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri masing-masing.
·         Mempertahankan professionalisme dan sikap bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan operasional secara efektif serta efisien dalam penggunaan dana, sumber daya serta pengadaan mekanisme penjagaan mutu.
Bentuk-bentuk kegiatan CSR PT. Sampoerna :
1.      Sebanyak 9.000 Orang Dilatih Wirausaha
2.      Sekolah Adiwiyata 2009,Tuan Rumah 150 Pemenang Beasiswa SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy)  3. Sampoerna kembangkan CSR ‘pengelolaan hutan’

1 komentar:

  1. terkait dengan Corporate Social Responsibility (CSR), bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1421/1/20206621.pdf

    BalasHapus